SALAM BAHARI SELAMAT DATANG DI BLOG LAKSANA SAMUDERA "BAHARU MINDA BAHARI" DIVISI DATA DAN INFORMASI YAYASAN LAKSANA SAMUDERA

Saturday, August 4, 2007

Hutan Bakau Senepis Menjadi Lautan

Dumai, 4 Agustus 2007

Memang proses sebab akibat di bumi ini tetap akan berlangsung. Ketika sebabnya adalah kerakusan manusia maka akibatnya adalah rusaknya keseimbangan alam.

Pada Tahun 2003 lalu kami bersama-sama tim pernah sekali waktu menyusuri Hutan bakau dan pesisir kota Dumai. Mulai dari Kec. Medang Kampai hingga ke Kec.Sungai Sembilan. Ketika itu walaupun telah ada penebangan liar namun masih ada "sisa-sisa kehijauan hutan bakau". Kalau diamati dari luar maka kita akan lihat keasrian yang membohongi kita. Itu hanyalah topeng hijau dari bopeng-bopeng kerusakan hutan akibat illegal logging. Dari kel. bangsal aceh seorang masyarakat berujar :" hutan Senepis yang kalian pernah kunjungi telah menjadi lautan". Aduh sedih hati ini rasanya. Prediksi waktu itu dan kenyataan yang ditemui sekarang amat jauh berbeda.
Kalau dikira secara ilmiah dulu kerusakan hutan yang kita kaji masih berupa angka. Namun yang dilihat sekarang betul-betul mengharubirukan kami. Tak ada lagi pepohonan yang menjulang tinggi yang memberikan banyak makanan bagi organisme yang ada di sana. Tak ada lagi tempat bernaung bagi burung-burung hutan. Tak ada lagi tempat berlindung bagi harimau. Tak ada lagi hutan bakau yang menyediakan makanan bagi ikan dan udang.
Apatah lagi sejak berdirinya banyak perusahaan di kec.Sungai Sembilan yang menambah hriuk pikuknya perambahan hutan. Apakah kita hanya seorang pengeluh ?

Dree

No comments: